Hidden Love Message Behind Princess Diana’s Wedding Shoes, What Does It Mean?

Meski telah lama berlalu, pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles selalu menarik perhatian banyak orang. Acara yang digelar pada 29 Juli 1981 itu menyimpan banyak sekali cerita yang sulit untuk dilupakan.

Tak hanya soal kisah cintanya, sepatu yang dikenakan Putri Diana juga menarik perhatian. Pasalnya, sepatu tersebut memuat pesan cinta tersembunyi.

Di hari pernikahannya, Putri Diana memakai sepatu bertumit yang dibuat dari bahan satin sutra dan disulam dengan rumit. Tampilan sepatu ini juga terlihat manis, karena berhias 542 manik-manik dan 132 mutiara. Selain itu, ada applique berbentuk hati menghiasi ujung tumit.

Mengutip Mirror UK, sepatu yang membutuhkan waktu sekitar enam bulan itu dibuat oleh perancang sepatu selebriti, Clive Shilton. Dalam sebuah wawancara, Shilton mengaku bahwa Putri Diana sangat memperhatikan pembuatan sepatu pengantin miliknya.

Saat itu, Putri Diana yang tingginya sekitar 177 cm berpesan agar tumit sepatunya dibuat rendah, karena tidak ingin terlihat lebih tinggi dari Pangeran Charles. “Diana adalah gadis muda yang sangat pemalu, manis, dan punya sorot mata ceria. Perhatian utamanya adalah agar dia tidak terlihat lebih tinggi dari Pangeran Charles. Karena dia sangat tinggi sekitar 5 kaki 10 inci (sekitar 177 cm), maka sepatu itu harus bertumit rendah,” kenang Clive Shilton kepada Daily Mail.

Sayangnya, keindahan sepatu itu jarang terekspos, karena tersembunyi di balik gaun ikonis Putri Diana. Tak heran jika publik pun jarang memberinya atensi. Padahal, sepatu itu menyimpan pesan cinta Putri Diana kepada Pangeran Charles.

Pesan itu berupa tulisan huruf “C” dan “D” yang berada di bawah tumit sepatu. Tulisan huruf itu sendiri merupakan inisial dari Charles dan Diana yang dicat secara khusus.

Shilton mengaku sangat antusias menghias bagian bawah sepatu sang putri, meski tak banyak yang melihat. “Bahkan tidak ada yang melihat bagian bawah sepatu itu, tapi penting bagi kami untuk membuat sepatu itu tampak fantastis. Kamu akan melihat lebih jelas kalau dia (Putri Diana) tersandung,” ungkap Shilton sambil bercanda.

Clive Shilton saat itu sempat mengajukan empat desain hiasan untuk sepatu pengantin Putri Diana. Dia ingat bahwa Putri Diana sangat yakin memilih desain berbentuk hati sebagai hiasan sepatunya.

Selain itu, Clive Shilton juga mengaku bahwa ia membuat dua pasang sepatu pengantin untuk sang putri. Satu untuk dipakai langsung, satunya lagi adalah duplikat yang dibuat sebagai cadangan.

Sepatu pengantin cadangan milik Putri Diana sendiri diketahui sudah terjual pada 2011 silam. Menurut laporan Town & Country, sepatu itu terjual dengan harga lebih dari 50 ribu dolar AS atau sekitar Rp 716 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.